Senin, 19 November 2007

Antivirus Lokal yang Gratis

Para hecker indonesia memang tidak bisa dianggap remeh. Dalam banyak kasus, virus-virus yang dibuat oleh programer local justru menghasilkan efek yang sangat merepotkan. Untung saja, orang Indonesia selain jago membuat virus, juga banyak yang baik hati berjuang untuk membuatkan antivirusnya.
Situs penyedia Antivirus local sangat mudah ditemukan di Internet. Walaupun kemampuannya tidak sehebat antivirus komersil, tapi hal tersebut akan sangat membantu. Karena banyak virus local yang tidak bisa dideteksi oleh antivirus komersil "made in luar negeri".
Salah satu situs yang paling sering saya kunjungin adalah http://www.ansav.com/, antivirusnya tentu bernama Ansav.
walaupun kemampuan membaca virusnya belum seberapa (kadang saya gandengkan dengan antivrus lainnya), antivirus ini sangat cepat dalam proses scanning. Ditambah lagi dengan kemampuannya membaca file yg terkompres (*.zip). Ditambah lagi dengan beberapa plug-in yang biasanya membantu kita jika kita mencurigai sebuah file sebagai virus, kita dapat langsung memasukkan file ini dalam daftar virus di Ansav.Dalam forumnya, kita bisa mengupload file yang kita curigai sebagai virus.
situs yang lain adalah http://vb-bego.com/, dari namanya kita akan langsung tahu bahwa ini adalah situs tempat berkumpulnya para programer yang menggunakan Visual Basic. Dalam situs ini disediakan banyak antivirus (lengkap dengan source code).
Antivirus lokal yang paling terkenal adalah PCMAV (PC Media Anti Virus). Tapi seingat saya ini adalah antivirus yang tidak gratis (memiliki lisensi). PCMAV sangat lambat dalam proses scan, salah satu kekurangannya adalah dia belum bisa menscan file terkompress (yang terakhir saya coba adalah PCMAV RC 21).
Sekedar saran, untuk keamanan komputer anda. sebaiknya menggunakan 2 jenis Antivirus. Tapi dengan syarat salah satu antivirusnya harus yang portabel (tidak terinstal). sebab jika keduanya terinstal, maka proses kerja komputer akan sangat lambat. sebaiknya gabungkan Antivirus komersil dengan antivirus local. tapi harus selalu diingat, bahwa tidak ada yang sempurna.
Tambahan lagi, antivirus lainnya gampang kok dicari di internet. pake aja search Engine seperti Google, Yahoo, Altavista, de el el.

1 komentar:

rai mengatakan...

Makasi atas infonya

My Brain: Purnama Yasa