Jumat, 14 Agustus 2009

Kalender Abadi (dari Icang69)

Kalau ditanya jatuh pada tanggal berapakah kemerdekaan Indonesia? Hampir seluruh rakyat Indonesia pasti bisa menjawabnya yaitu 17 Agustus 1945. Tapi kalau ditanya jatuh pada HARI apakah 17 Agustus 1945 itu? Tentu tidak semua orang bisa menjawabnya. Apakah hari Senin, Selasa atau hari yang lainnya.

Tidak usah jauh-jauh, kamu lahir hari apa? Sebagian ada yang tahu karena mungkin diberitahu sama keluarganya. "Nak, kamu lahir di malam Jum’at Kliwon tanggal 13 ketika terjadi bla-bla… jadi jangan tanya kenapa nama dan nasibmu seperti ini".

Dengan berkembangnya teknologi, kamu bisa tahu hari lahirmu mungkin dari hape atau komputer yang ada program kalendernya. Tapi program itu terbatas hingga kisaran beberapa puluh tahun. Atau mungkin kamu dapat kelender usang yang ada di gudang. Bisakah kamu menebak hari apa pada beberapa abad yang lalu atau masa yang akan datang misalnya tahun 3000-an?

Waktu duduk di bangku SMP, aku ketemu dengan sebuah buku tebal yang namanya buku pintar. Seperti ensiklopedi, buku ini berisi berbagai hal tentang dunia ini. Informasi nama ibukota dunia, mata uang dan lain-lain. Pokoknya lengkap. Yang membuatku tertarik yaitu kalender abadi. Dari situ, aku baru tahu hari lahirku, hari kemerdekaan RI dan hari-hari lainnya sebelum Harry Potter.

Di dalam buku itu ada daftar tahun dan link halaman berapa yang harus dibuka untuk melihat bentuk kalendernya yang mulai dari bulan Januari sampai Desember. Semuanya ada 14 bentuk atau halaman. Karena 7 bentuk kalender tanpa tahun kabisat dan 7 bentuk dengan tahun kabisat.

Kelihatannya tidak efisien kalau ingin melihat kalender harus mencarinya di 14 halaman itu. Lagi pula jangkauan tahunnya tidak lebih dari 100 tahun. Kemudian aku berpikir pasti ada polanya. Ternyata dapat. Pola ini berulang dengan hitungan tertentu. Kemudian waktu SMA aku dibelikan komputer yang jelas bukan pentium III. Dengan menggunakan excel, aku sangat terbantu. Ternyata polanya sudah kudapat secara utuh sehingga kita bisa tahu hari apa dari tahun berapapun. Mulai tahun awal (tahun 1) sampai tahun yang akan datang. Tanpa batas, munkin sampai kiamat.

Yang sudah penasaran ini dia bentuk tabelnya.
http://2.bp.blogspot.com/_mLq0PUJXFkI/SjX8-9n_TCI/AAAAAAAAAIM/6G7Qwuakrtk/s1600-h/untitled.PNG
Cara pakainya sangat mudah. Sebagai contoh tanggal 17 Agustus 1945. Pertama-tama yang harus dicari adalah tahunnya. Cari angka 1900 di tabel kiri bagian atas kemudian cari di bawahnya angka 45 lalu tandai. Setelah itu tabel yang kanan tandai angka 8 untuk bulan Agustus. Carilah perpotongan antara tahun 45 dan bulan 8. Dan yang didapat adalah angka 4. Kemudian turunlah ke tabel-tabel kecil dibawah. Cari yang menunjukkan angka 4. Setelah itu carilah angka 17 yang ternyata jatuh pada hari Jum’at.

Saya teringat dengan salah satu kontestan The Master ada yang menunjukkan kemampuannya dalam mengingat hari apa pada tanggal sekian. Tapi jangkauannya hanya beberapa tahun ke belakang. Jika kamu punya daya ingat tinggi dan memahami pola kalender abadi di atas tidak menutup kemungkinan kamu bisa lebih jago dari dia. Kamu bisa tahu hari berabad-abad yang lalu atau masa depan.

2 komentar:

marinadevina mengatakan...

Makasih...yah !

Marina baru tau tentang kalender abadi yang seperti ini !

Sii...ip ! OK. pisan !

Anonim mengatakan...

Nama panggilan saya Icang,lahir tgl 1 agustus 1976, kebetulan nama panggilan kita sama. Aneh tapi nyata.
Saya telah menemukan metode menghitung kalender abadi dengan menggunakan jari pada tahun 1993.

Saya ada ide bagaimana kalau kita bikin rekor dunia "menebak hari tercepat" di Guinness World of Record.